10 Sumber Kekayaan Raja Charles III Selain Gaji, Perusahaan hingga Properti

Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:35 WIB
loading...
10 Sumber Kekayaan Raja...
Sebagai bagian dari monarki terkaya di dunia, Raja Charles III memiliki kekayaan yang terbilang fantastis. Foto/Dok AP
A A A
JAKARTA - Sebagai bagian dari monarki terkaya di dunia, Raja Charles III memiliki kekayaan yang terbilang fantastis. Selain menerima gaji yang menjadi haknya, Raja Inggris itu juga memiliki sumber pemasukan lain yang berasal dari warisan ibundanya, yakni mendiang Ratu Elizabeth II.

Beberapa aset yang kini diwariskan kepada Raja Charles sejatinya sudah dimiliki oleh kerajaan sejak lama. Soal berapa besarannya secara nominal, para ahli kerajaan sendiri kesulitan memperkirakannya lantaran belum bisa disesuaikan dengan standar modern saat ini, atau dengan kata lain bernilai sangat tinggi.

Yang pasti, seluruh aset tersebut kini dalam penguasaan Raja Charles dan menjadi sumber kekayaannya . Lantas, apa saja aset itu? Berikut informasinya.


1. The Crown Estate

The Crown Estate atau yang disebut juga Monarchy PLC adalah perusahaan yang mengendalikan seluruh tanah dan kepemilikan para raja/ratu Inggris. Kendati demikian, keluarga kerajaan sendiri hanya memiliki kendali terbatas atas The Crown Estate karena sebagian besar aset ini dikelola oleh dewan independen atas nama monarki.

Namun, secara teknis, seluruh tanah di Wales, Irlandia Utara, dan Inggris adalah milik Crown Estate. Nilai aset yang dikelola perusahaan ini mencapai USD34,3 miliar atau sekitar Rp530 triliun.

2. Duchy of Cornwall

10 Sumber Kekayaan Raja Charles III Selain Gaji, Perusahaan hingga Properti

Duchyofcornwall.org

Duchy of Cornwall adalah sebidang tanah luas yang dikelola oleh anggota keluarga kerajaan untuk menghasilkan uang bagi monarki.

Duchy of Cornwall memiliki luas sekitar 135.000 hektar dan didirikan pada 1337 oleh Edward III untuk putranya, Edward Prince of Wales. Itu sebabnya, secara tradisi, Duchy of Cornwall dikelola oleh Pangeran Wales.

Raja Charles III berhasil menjadikan Duchy of Cornwall sumber pemasukan bagi kerajaan. Nilai properti ini sendiri mencapai USD1,3 miliar atau sekitar Rp20 triliun.

Meskipun secara teknis Duchy of Cornwall bebas pajak, namun Raja Charles secara sukarela melakukan pembayaran pajak sejak 1993 setelah Parlemen mulai mempertimbangkan pajak lebih lanjut terhadap keluarga kerajaan.

3. Hyde Park

Selain properti kerajaan, Crown Estate juga memiliki dan mengelola banyak taman. Salah satunya Hyde Park, yang diambil dari Westminster Abbey oleh Henry VIII dan diubah menjadi tempat berburu.

Hyde Park di London adalah salah satu loksi yang paling terkenal. Seluruh taman ini bernilai sekitar USD22 juta atau sekitar Rp340 miliar.

4. Waitrose Duchy Organic

Waitrose Duchy Organic adalah perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Dana Amal Pangeran Wales. Manajemen perusahaan ini kemungkinan besar kini akan jatuh ke tangan Pangeran William.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)